Label: ,

Wisata Jawa Timur : Pantai Parai Teleng Ria, Pacitan

Dari beberapa pantai-pantai yang ada di Pacitan, terbilang semuanya indah bagaikan surga. Tak terkecuali Pantai Teleng Ria, yang keberadaanya paling legendaris dan menjadi tujuan wisata favorit para pelancong yang datang ke daerah Pacitan.
Jika ide traveling Anda wisata bahari, kalian bisa mencobanya datang ke Jawa Timur, tepatnya di wilayah Pacitan. Disana ada tempat wisata menarik yang sesuai dengan inspirasi jalan-jalan Anda temukan tadi, yaitu ke Pantai Teleng Ria atau Parai Teleng Ria. Beragam wahana rekreasi pun tersedia di kawasan obyek wisata pantai ini, termasuk yang ideal dengan aktivitas wisata keluarga.
Sunrise
Untuk menuju ke lokasi Pantai Teleng Ria, berikut alamatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur. Jarak tempuhnya dari Kota Pacitan hanya sekitar 2.5km. Akses jalannya pun mudah ditempuh dari berbagai daerah, termasuk dari Jogja, Ponorogo, Wonogiri, Solo maupun Trenggalek. Disamping itu, kawasan tempat rekreasi ini mendukung sejumlah akomodasi dan fasilitas pariwisata yang memadai, guna untuk kenyamanan setiap pengunjung.
Piknik ke Pantai Teleng Ria, menjadi agenda waktu itu. Ketika akan memulai perjalanan wisatanya disambut oleh senyuman manis sang mentari, yang beranjak menampakkan diri untuk menyinari seluruh alam. Kebetulan hari itu, langitnya cerah. Mengetahui suasana itu membuat hati menjadi gembira, tersenyum dengan ceria. Ingin sekali rasanya jalan-jalan menengok Pantai Selatan dari Pacitan. Mudah-mudahan impian itu jadi kenyataan.

Amazing Beach
Dalam perjalanan menuju Pantai Teleng Ria akan disuguhi pemandangan yang cukup mengesankan diantaranya alam berbukit-bukit indah mempesona, pedesaan, jalan pegunungan berkelok-kelok lalu ada menanjak dan menurun. Masuk kawasan Gunung Sewu Geopark. Lalu masih dalam perjalanan itu, ada sebuah bukit dan tikungan disana mempunyai pemandangan alam bagus sekali, nampak terlihat panorama pantai dari tempat ketinggian cukup mengagumkan, berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan itu. Tak lama kemudian, kembali melanjutkan perjalanan, yang tak jauh lagi akan sampai ditujuan.
Surga Itu Tersembunyi Di Teluk Pacitan
Tak terasa sudah sampai di tujuan obyek wisata Pantai Teleng Ria. Tentunya hal tersebut, di nanti-nanti sedari tadi dalam perjalanan panjang yang cukup melelahkan itu. Akhirnya impian itu terwujud juga, dapat kesempatan mengunjungi surga di sudut barat daya Jawa Timur ini.
Setelah memperoleh tiket masuk Pantai Teleng Ria, kalian diperbolehkan memasuki tempat rekreasi tersebut. Pantai di Pacitan ini tersembunyi di Teluk Pacitan, lalu kalau dilihat-lihat sepertinya kawasan obyek wisata ini memiliki area yang sangat luas. Tempat parkirannya dapat memuat berbagai tipe alat transportasi, mulai dari kendaraan roda dua, mobil hingga bus. Nampak banyak pengunjung di kala itu, ada rombongan wisatawan yang turun dari bus-bus pariwisata, ada yang menggunakan mobil maupun sepeda motor, mungkin itu para keluarga serta muda-mudi yang akan berekreasi di tempat ini.
Berjalan-jalan dengan santai menuju pantainya, disekitar area kawasan wisata Pantai Teleng Ria nampak terlihat banyak pepohonan rindang asri membuat udara jadi sejuk. Ada pentas seni musiknya juga, termasuk kolam renang dan arena bermain anak-anak, rumah makan, penginapan serba guna Bonggo Budoyo, bumi perkemahan, gardu pandang, kamar mandi, tempat pemancingan dan TPI (Tempat Pendaratan Ikan). Ternyata, di kawasan obyek wisata pantai Pacitan ini mempunyai fasilitas yang lengkap.
Terus, di sepanjang jalannya disisi kanan atau kiri terdapat banyak penjual oleh-oleh khas Pacitan, termasuk souvenir ataupun kuliner khas Pacitan. Ingin memperoleh sekarang, atau nanti setelah dari pantai, silahkan saja, itu pilihan Anda. Ikan-ikan laut hasil tangkapan para nelayan pun, juga dapat Anda peroleh dengan harga terjangkau. Tentunya kesempatan bagus itu jangan sampai terlewatkan.
Walaupun suara ombaknya sudah terdengar dan pasir pantainya sudah mulai terlihat menghiasi sekitar area. Rasa ingin mendekat dan terus mendekat. Begitu sampai, kesan pertama begitu mempesona, langsung tidak pakai lama, ingin rasanya menginjakkan telapak kaki ke pasir putih Pantai Teleng Ria yang sesungguhnya itu. Kemudian berdiri sejenak, menikmati suasana yang ada. Rasa capek selama perjalanan pun terobati seketika dengan lebih dekat menyaksikan indahnya panorama pantai ini.
Ombak Pantai Selatan di Pacitan begitu menawan, angin pantai sepoi-sepoi pun menghampiri, tak ingin rasanya untuk beranjak pergi. Ingin bersantai-santai di pinggiran pantai, silahkan saja. Disana tersedia gazebo yang berderet banyak sekali, kalian bisa menikmati suasana tempat traveling ini, sambil menyantap kuliner khas daerah Pacitan. Yang ingin mandi dan bermain air laut, ya silahkan saja. Atau berkeliling jalan-jalan di sekitar area tepian pantai, sambil cari angin segar. Sungguh tempat menarik, nampak terlihat ada juga lapangan voli pantai, dan ada yang berselancar di Pantai Teleng Ria ini. Sepertinya pantai di Pacitan ini, surganya para peselancar.

Surga dunia itu benar-benar ada di ujung barat daya Jawa Timur, keindahaannya tak bisa diungkapkan dengan banyak kata-kata. Kalau enggak percaya, silahkan datang dan buktikan sendiri. Selain, datang ke Pantai Teleng Ria. Kunjungi juga ya Goa Gong, Pantai Klayar, Goa Tabuhan dan Pantai Banyutibo. Kalau kalian pergi berwisata ke Pacitan. Demikian info wisata yang diulas. Cukup sekian dulu dari kami, nantikan juga ulasan traveling yang lainnya dilain kesempatan.

[]Lovalia 
dengan memadukan beberapa sumber tambahan

0 komentar:

Posting Komentar

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters