Label: ,

Renungan Hari Gunung Internasional


Peringatan setiap tanggal 11 desember hanyalah simbolis, 'penghargaan' tahunan teruntuk gunung-gunung di berbagai belahan dunia. Kesempatan ini diperingati untuk semakin menumbuhan kesadaran manusia tentang pentingnya gunung bagi kehidupan, sebagai anugerah sekaligus bencana, rumah bagi flora dan fauna, tempat melestarikan budaya dan juga sebagai daya tarik wisata.

Namun, sebesar apapun jasa gunung bagi manusia, seindah apapun gunung dipandang mata, sebagian manusia awalnya memproklamirkan diri sebagai penjelajah namun setelah dimabuk oleh 'pesona' gunung berubah haluan menjadi seorang penjajah. Tak sedikit gunung-gunung dijarah, digunduli, di komersialisasi secara berlebihan dan ditumpuki sampah.

Belum lagi tragedi kecelakaan berujung maut pada saat mendaki gunung yang beberapa kejadian diakibatkan oleh kurangnya persiapan semakin hari semakin santer terdengar. Kematian sangat dekat di tempat yang selama ini dipuja-puji sebagai 'surga'. Ya, surga berbahaya tersebut bernama gunung.

Gunung memang tak punya hati, tapi dia patuh terhadap Sang Pencipta dan Gunung sangatlah rapuh maka itulah kepedulian manusia dibutuhkan. Selamat Hari Gunung bagi kawan-kawan yang selama ini mengexpresikan kepeduliannya terhadap gunung dimanapun, sebesar atau sekecil apapun usaha kalian seperti membawa turun sampah pribadi dikala berwisata gunung sangatlah berdampak besar.
-
Semoga kedepannya gunung tidak hanya dianggap sebagai objek tanah dan bebatuan yang menumpuk, lebih dari itu, ada tanggung jawab besar dari generasi ke generasi manusia agar kelestariannya dapat tetap terjaga. Salam lestari.

[]Lovalia Inspired By : #gunungindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters