Label: , , , ,

Wisata Hutan Kertas Karawang

Gerbang Masuk Hutan Kertas Karawang

Ngomongin wisata paling semangat jika ada lokasi baru yang asyik dan seru, tapi belum pernah kita lihat. Kebetulan liburan kali ini di Karawang pas lagi boring-boringnya, searching google tentang wisata Karawang dapet deh satu tempat yang ngga terlalu jauh dari habitat kami di Teluk Jambe

Bicara soal Karawang, ingatan kita pasti nggak jauh-jauh dari masa-masa perjuangan ya. Dari puisi Karawang-Bekasi gubahan Chairil Anwar, sampai ke peristiwa Rengasdengklok di masa Pergerakan Nasional. Hal ini tentunya membuat Karawang memiliki berbagai tempat wisata sejarah yang mohon maaf belum bisa saya tulis karena saya belum sempa mengunjunginya satu per satu, hehe ...

Spot foto utama
Yupsss, terlepas dari itu semua, Karawang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terletak di garis Pantai Utara Pulau Jawa. Tentunya dengan lokasi yang berada di kawasan pantai tersebut membuat Karawang memiliki banyak wisata pantai seperti Pantai Sedari dan Pantai Samudera Baru, mohon maaf juga belum bisa cerita tentang pantai-pantai ini karena saya belum sempat ke sana. Namun, disamping wisata sejarah, wisata curug dan wisata pantai, ternyata Karawang juga memiliki tempat wisata alam berupa hutan. Hutan apakah itu? Yuk simak cerita kelayapan saya kali ini di ..... HUTAN KERTAS KARAWANG !

Asal-usul Hutan Kertas Karawang 
 
Banyak spot foto yang Instagramable
Pakai istilah asal usul kok ya kayak legenda aja ya haha. Oke menurut beberapa artikel yang saya baca di google Hutan Kertas Karawang ini merupakan hutan buatan yang tanamannya adalah tanaman Kalitus. atau juga disebut dengan nama Eukaliptus. Tanaman ini merupakan tanaman yang banyak ditemui di Australia dan juga Indonesia. Pohon ini tidak begitu tahan dengan cuaca yang dingin. Oleh karena itu, tidak salah jika di Hutan Kertas Karawang ini, pohon Kalitus tumbuh dengan baik. Ya, memang Karawang dikenal sebagai daerah yang cukup panas cuacanya.

Pohon Kalitus yang ada di Hutan Kertas Karawang ini merupakan hasil penanaman yang dilakukan oleh PT Pindo Deli mulai dari tahun 2004 silam. PT Pindo Deli sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan kertas.

Tujuan PT Pindo Deli ini menanam pohon Kalitus ini adalah untuk menambah bahan baku pembuatan kertas. Seperti kita ketahui bahwa kertas memang dibuat dari pulp yang berasal dari batang pohon. Oleh karena itu, saat ini hutan tersebut dijuluki dengan nama Hutan Kertas Karawang, karena memang ditanam dengan tujuan untuk diolah menjadi kertas.

Pohon Kalitus sendiri dapat dimanfaatkan daun maupun batangnya. Daun tanaman Kalitus ini dapat disuling untuk diambil minyak Atsirinya. Sedangkan batang pohonnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan meubeler dan tentunya juga sebagai bahan baku pembuatan kertas.

 
Saya menyebutnya Panggung Payung haha
Jadi Wisata Photoshoot/ Selfie
 
Pada awalnya, Hutan Kertas Karawang merupakan hutan produksi. Namun seiring berjalannya waktu, lokasi hutan ini banyak digunakan untuk berfoto bahkan foto prewedding. Lambat laun hutan ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung untuk berwisata.

Saat ini, tempat wisata ini sudah mulai dikelola sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum. Sudah mulai disediakan banyak sekali spot berfoto di tempat ini. Ada sebuah photo booth yang membentuk frame khas yang ada di aplikasi jejaring sosial Instagram. Selain itu, dipasang juga deretan payung yang digantung di antara pepohonan. Payung – payung ini membentuk semacam koridor yang cantik dan menarik untuk berfoto.

Jika anda berkunjung malam hari, suasananya akan lebih romantis karena lampu-lampu hias akan dinyalakan. Sayangnya saya ke sana pas siang hari. Tapi tetap asyik kok.

 
Fasilitas 
 
Selain spot-spot foto, di sini juga disediakan juga ayunan kain atau yang juga dikenal dengan nama hammock. Hammock ini dapat dengan mudah dipasangkan pada batang pohon Kalitus karena memang tanamannya tumbuh teratur. Ada juga playground untuk buah hati atau adik-adik kita yang masih kecil-kecil.
Mushola nya unik banget
 
Untuk sarana ibadah, disediakan tempat ibadah sederhana yang justru membuat semakin menyatu dengan alam sekitar. Tempat ibadahnya berupa mushola sederhana berbentuk tenda, terbuat dari plastik dan disediakan pula perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena dan sarung. Sayang tempat wudhunya demikian terbuka sehingga untuk muslimah pasti kurang nyaman berwudhu di situ. Untuk toilet sendiri tersedia di luar pintu gerbang, di sebelah parkiran motor.

Untuk spot kuliner juga tersedia beberapa warung di luar lokasi. Sayangnya entah kenapa waktu itu banyak yang tutup. Semoga ke depan fasilitasnya semakin ditambah dan ditingkatkan lagi yaa...

 
 
Hubby unch
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Hutan Kertas Karawang

Jika anda penasaran dengan tempat ini hutan kertas itu dimana sih tempatnya, sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di Kabuaten Karawang. Adapun alamat lengkapnya tepat di lingkungan Depo PT. PINDODELI 2, Kp. Gintung, Desa. Kutamekar, Kec. Ciampel. Kabupaten. Karawang, Jawa Barat, Indonesia, Kode Pos. 41363.

Untuk mencapai lokasi hutan ini cukup mudah. Memang lokasinya tidak jauh dari Gerbang Tol Karawang Timur 2. Bahkan suara kendaraan yang lewat Tol Jakarta – Cikampek masih dapat terdengan dari Hutan Kertas ini.

Harga tiket masuknya pas kami ke sini sih kena Rp 10.000,- . Nggak tau deh karena pas hari libur atau emang segitu tarif normalnya. Soalnya di bebrapa artikel yang kita baca tarifnya Rp 5.000,- tapi nggak papa lah ya, untuk wisata refreshing  Rp 10.000 murah lah ya, lagian tempatnya asyik kok.  
 
 
 
[]Lovalia







1 komentar:

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters