Label:

KULINER BLORA : INI YANG BIKIN KAMU RAJIN SARAPAN

Sarapan ? Makan pagi ? Uuuuhh banyak sebagian dari kita yang sering mengabaikan sarapan. Males lah, nggak sempat lah atau bahkan bosan dengan menu yang itu-itu saja tiap kali sarapan. Hmmm padahal sarapan itu penting sebagai sumber energi kita untuk beraktivitas sambil menunggu waktu makan siang lho guys. Nah, buat kamu yang ketika baca tulisan saya ini kebetulan adalah orang Blora atau kebetulan sedang ada di Blora atau bahkan punya rencana untuk ke Blora, saya punya beberapa deretan menu yang sudah pernah saya cicipi sebagai menu yang akan banyak kita temukan di Blora ketika jam sarapan tiba. Nggak usah tanya di mana tempat yang paling enak, karena masakan orang Blora itu semua enak dan halal asal kamu nggak beli pake uang hasil nyolong, hasil rampok atau hasil korupsi. Oke guyyss .. Yuk langsung aja !!!


 1. Nasi Pecel Blora 
Pecel merupakan masakan atau makanan yang mudah ditemui di banyak daerah di Indonesia. Di setiap daerah di Indonesia mungkin mempunyai khas sendiri-sendiri mengenai makanan ini. Masakan ini memiliki bahan bahan yang sangat sederhana dan mudah ditemui baik itu di pasar modern maupun di pasar tradisional. Pecel juga sangat digemari oleh pecinta vegetarians karena sayur sayurannya yang menyehatkan ditambah dengan bumbu sambalnya yang nikmat dan enak. Masakan ini juga tidak asing bagi ibu ibu yang memasakan,karena hampir setiap rumah memiliki bumbu masakan yang satu ini. Kandungan nutrisi terutama zat besi dan vitamin membuat setiap orang menyukai masakan ini disamping enak dan lezat.
Pecel Blora Khas dengan daun ubi jalar dan pincuknya
Di Blora, mulai dari jantung Kota Blora sampai menyebar ke urat-urat pelosok Blora, Nasi Pecel memiliki jam terbang ketika waktu sarapan tiba. Meskipun banyak juga warung yang menyajikan makanan ini hingga 24 jam. Pecel Blora dikenal dengan pecel yg mempunyai tekstur sambelnya yang lembut. Dalam membuat sambal pecel ini sendiri rata-,rata masyarakat daerah Blora menggunakan bumbu yang khas yaitu dengan menggunakan campuran kacang tanah, bawang putih, kencur dan tambahan bumbu-bumbu lain. Sedangkan untuk sayurannya yaitu kol, kacang panjang, toge dan yang khas adalah daun glandir atau daun ketela rambat atau ubi jalar. Sedang cara penyajiannya rata-rata pedagang tradisional menggunakan pincuk godong jati atau dibungkus dengan daun jati. Sssttt ternyata inilah yang bikin orang selalu kangen dengan pecel Blora ;) Kalau kamu, apa yang kamu kangenin dari Pecel Blora ?


2. Lontong Tahu Blora
Lontong Tahu Blora pake sambel kacang plus sayur lodeh
Lontong Tahu merupakan masakan khas yang berasal dari kota Yogyakarta yang terkenal dengan kenekaragaman kulinernya. Salah satu masakan terkenalnya adalah Lontong Tahu. Masakan ini sangat populer dikalangan masayarakat. Selain bahan yang digunakan murah dan mudah dicari cara memasak dan mengolahnya pun tergolong sangat mudah dan praktis untuk dipraktekan di rumah.

Kepopuleran lontong tahu dikembangkan menjadi masakan masakan yang lebih sedap dan nikmat, termasuk Lontong Tahu Khas Blora yang juga sangat populer ini. Saya nggak tau kenapa si Lontong Tahu ini bisa bermigrasi dan menetap di Blora. Dengan bumbu bumbu yang sedap dan juga berbahan mudah masakan ini sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu Lontong Tahu ini juga menyehatkan tubuh karena terdapat sayur sayuran yang beragam,dan tidak lupa juga tahu yang mengandung berbagai macam nutrisi.

Di Blora umumnya Lontong selain disajikan dengan bumbu seperti pecel juga biasa disajikan dengan sayur lodeh. Hmmm teksturnya yang kenyal dan lembut yummy banget deh apalagi disajikan dalam piring pincuk daun jati.

3. Serabi Blora
Bagi warga Blora pasti tidak asing dengan makanan serabi. Saya yakin anda pun demikian. Bila terdengar kata serabi biasanya yang terlintas di fikiran warga Blora adalah makanan yang lezat yang enaknya di sajikan pada pagi hari dan di dapati di penjual di tepi jalan raya Blora.

Serabi memang banyak kita jumpai di daerah lain dan memiliki ciri khas sendiri-sendiri, begitu juga dengan serabi Blora. Serabi Blora mempunyai resep dan rasa yang khas sendiri, sesuai dengan lidah orang Blora yang  cenderung dengan masakan yang berasa gurih, asin, pedas. Bbegitu pula dengan serabi Blora yang cenderung memilki rasa yang gurih.

Sebelum beraktifitas, jangan lupa sarapan. Serabi anget rasa coklat khas Blora bisa jadi pilihan #kuliner >> http://t.co/2TzWh2K2ER
Serabi Cokelat Khas Blora
Serabi Blora pada umumnya ada dua jenis, yaitu serbi santan dan serabi kelapa. Serabi santan adalah serabi yang di sajikan dengan di kasih santan kelapa, sedangkan serabi kelapa adalah serabi yang di hidangkan dengan di taburi dengan parutan kelapa. Dalam penyajiannya para penjual serabi ini biasanya masih sangat tradisional, hanya dengan di bungkus dengan menggunakan daun pisang atau daun jati yang di cintung. 

Namun, seiring dengan perkembangan kemajuan kuliner, kini anda bisa menemukan aneka modifikasi serabi yang nggak kalah keren sama modifikasi motor free style ( Lhhooh?? ). Maksud saya sekarang banyak dijual serabi cokelat, serabi keju sampai serabi stroberry. Saya agak SHOCK ketika menemukan serabi-serabi desain terbaru ini di sudut kota Blora. Hmm mungkin serabi Blora habis jalan-jalan ke Eropa dan mengajak kawan-kawannya itu untuk join di istana kuliner Blora kali ya...

Bagi Anda yang sedang melintas di daerah manapun di Kabupaten Blora pada waktu fajar pasti akan banyak menemui ibu-ibu yang sedang menjajakan serabi. Inilah istimewanya serabi, dia rajin banget sholat shubuh. 

Nah itu dia guys makanan istimewa untuk sarapan kalau kamu sedang ada di Blora. Sebenarnya masih banyak lagi deh ya, ada nasi kuning, bubur ayam dan kawan-kawannya. Tapi tiga makanan tadi yang sering jadi primadona tak tergantikan. Sekarang saya mau sarapan dulu sekaligus cari rekomendasi untuk makan siang nati uwaaaaa :D

[]Lovalia

0 komentar:

Posting Komentar

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters