Label:

KULINER BLORA : SOTO KLETHUK DAN ES JATI MENU GREGET UNTUK MAKAN SIANG

Es Jati Khas Blora



Waktu makan siang kali ini saya rekomendasikan semangkuk Soto Klethuk dan segelas Es Jati. Edeeehhhh aneh ya namanya ? hmmm cekidot !

Soto Klethuk
Blora terkenal dengan sebutan kota sate, karena disana banyak sekali dijumpai jajanan sate. Mulai dari sate ayam, sate kambing, sate bekicot, sate keong sampe sate kere. Hahaha .... Selain itu dikenal pula dengan rasa pecelnya yang nendang. Dari sisi lain berbincang kuliner / makanan khas, Blora mempunyai potensi makanan khas yang terkenal, yakni Soto Klethuk. Soto ini menjadi sebuah ikon wisata Kuliner selain Sate Blora. Hmmm saingan nih :D
 
 
 
Soto Klethuk Blora memiliki perbedaan dengan soto lain, yakni terdapat potongan Klethuk ( ketela/ getuk gemblong yang di iris kecil-kecil dan digoreng garing ). Nah potongan klethuk inilah jika dikunyah serasa berbunyi klethuk-klethuk saking renyahnya meski sudah bercampur kuah soto.
 
Soto ini adalah soto Bening yang berisi dari Toge, ayam irisan, telur, disiram kuah soto, ditaburi kocai, brambang dan  klethuk. Nah, kuliner yang satu ini akan terasa lebih nikmat jika ditambah dengan perpaduan bumbu-bumbu rempah dan klethuk yang berbunyi klethuk-klethuk ( kriuk2 ). Kayaknya anda perlu mencoba Kuliner yang satu ini. Dijamin nggak cuma lezat tapi juga segerrr banget.

Kamu bisa menemukan banyak warung Soto Klethuk di Blora. Mulai di sekitar alun-alun, pusat kota sampai yang blusuk-blusuk di kampung. Serius !
 
Es Jati yang seger banget
Nah sebagai minuman yang pas untuk menemani si Klethuk ini adalah Es Jati. Apaan sih es kok namanya jati ? Es Jati ini bisa dibilang pendatang baru di dunia kuliner Blora. Yuuppsss Blora bukan hanya terkenal sebagai penghasil kayu jati dan kerajinan kayu jati, tapi kini si Jati sudah mulai merambah dunia kuliner. Selain terkenal dengan pincuk daun jati, kini si daun jati mulai jadi bahan minuman yang segerrr. Apalagi cuaca Blora identik panas karena banyak pengeboran minyak di sini.

 
Es Jati Khas Blora, dibuat dari daun cincau hijau sama campuran daun jati. Tapi kata bapaknya, jatinya harus pas. Karena bisa pahit kalo terlalu banyak. Kuah es jati terbuat dari santan dan gula, Yang unik jika semua sudah tercampur warna kuahnya bisa ijo gitu. Tekstur cincau hijau dan daun jati berbeda dari cincau kebanyakan karena lebih seperti jelly. Enak pokoknya. . Harganya pun cuma Rp 2.000,-/ bungkus. Wajib coba !!! Ini juga bisa kita temukan di bebrapa sudut kota Blora. Kalo ke Blora, jangan sampek gak cobain ini es!! 
 
[]Lovalia
 

2 komentar:

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters