Label: ,

Wisata Jawa Tengah : Air Terjun Songgolangit, Jepara

Lokasi Dan Rute Menuju Air Terjun Songgo Langit Jepara

Air terjun ini berada di sisi bagian utara dari kota Jepara, tepatnya di Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, terletak kurang lebih 30 kilomater dari pusat kota Jepara. Dari arah kota Jepara, Anda ambil jalur arah utara menuju kabupaten Pati melewati kecamatan MIonggo, kecamatan Bangsri dan kecamatan Kembang.
Jarak dari Jepara ke kecamatan Kembang adalah sekitar 20 kilometer. Dari sini, Anda harus menuju ke arah Desa Cepogo melintasi hutan jati milik Perhutani sepanjang kurang lebih 3 kilometer, hingga Anda menemukan pertigaan dengan papan petunjuk jalan menuju lokasi air terjun. Dari sini perjalanan masih 11 kilometer lagi. Perjalanan berlanjut ke desa Bucu tempat air terjun ini berlokasi,
Akses jalan ke air terjun sudah cukup baik dan dapat dilalui kendaraan bermotor roda 4 maupun roda 2. Anda juga dapat mencapai lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum. Dari terminal bus Jepara, Anda dapat naik bus jurusan Pati atau Bangsri, dan turun di pertigaan arah desa Cepogo. Dari pertigaan ini, Anda dapat melanjutkan  perjalanan dengan ojeg yang banyak terdapat di pertigaan tersebut, menuju lokasi air terjun.

Biaya Dan Tarif Di Air Terjun Songgo Langit Jepara

Harga Tiket Masuk ke lokasi air terjun adalah Rp.1.500,00 pada hari kerja dan Rp. 2.000,00 pada hari libur. Tarif parkir untuk motor Rp. 1.500,00, untuk mobil Rp.3.000,00 sedangkan untuk bus Rp.5.000,00. Bagi Anda  yang menggunakan kendaraan umum, ongkos ojeg dari pertigaan arah desa Cepogo adalah sekitar Rp.20.000,00 sekali jalan.
Area parkir yang tersedia cukup luas, dan terdapat beberapa warung makan serta toilet umum. Hanya saja kondisi toilet disana perlu diperbaiki.
Air terjun ini dinamakan Songgolangit, karena jika kita memang air terjun ini dari bawah, maka posisi tebing nya seolah menyangga langit yang ada diatas. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter dilengkapi kolam air penampungnya yang memiliki kedalaman 3 meter. Di sekitar air terjun ini Anda dapat melihat banyak kupu-kupu indah berwarna-warni.

GADIS SONGGO LANGIT
Air di sini dianggap dapat memberikan khasiat awet muda bagi mereka yang membasuh wajah mereka menggunakan air dari air terjun ini, atau mandi di sini. Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, bahwa di dalam kolam air terjun ini terdapat palung sedalam 8 meter dengan resiko sangat tinggi dimana orang bisa terseret ke dalamnya.

Menurut warga sekitar sudah ada beberapa pengunjung yang menjadi korban, sehingga di sekitar kolam air terjun terdapat papan peringatan larangan bagi pengunjung untuk berenang. DIkabarkan sebelumnya terdapat pagar besi melingkar yang membatasi pinggiran kolam disini untuk menjaga keamanan pengunjung, namun sayang pagar besi tersebut saat ini sudah hilang dikarenakan berkali-kali dihantan derasnya aliran dari air terjun ini.

Oh ya, jangan kaget bagi anda pengunjung pria. Biasanya di sekitaran air terjun ini ada serang anak laki-laki yang memiliki kelainan mental. Dia sangat suka mengikuti para pengunjung laki-laki. Tidak usah takut karena dia tidak akan mengganggu anda. Cukup bersikap sewajarnya dan tidak usah berlebihan :D
Disarankan untuk mengunjungi tempat ini tidak pada musim kemarau panjang, karena pada saat kemarau kucuran dari air terjun ini menipis sehingga Anda tidak dapat menikmati keindahan aliran air terjun ini.
[]Lovalia

0 komentar:

Posting Komentar

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters